Tentang Menulis Sejarah Musik
Bayangkan, sebagai pecinta musik tubidy klasik, Anda ingin mendapatkan pemahaman yang lebih luas tentang sejarah musik; Anda ingin memahami "gambaran besar", sehingga untuk berbicara. Jika Anda memperoleh teks sejarah musik yang paling banyak digunakan di perguruan tinggi dan universitas Amerika Utara, Anda akan menemukan sebuah buku tebal yang menggambarkan karya sekitar lima ratus komposer. Sekarang saya tidak bisa menyimpan lima ratus komposer di kepala saya, dan saya rasa Anda juga tidak bisa. Lagi pula, Anda ingin melihat keseluruhan gambar sekaligus, bukan untuk sementara memperoleh informasi untuk dimuntahkan pada tes bab dan kemudian lupa memberi ruang untuk informasi baru.
Oleh karena itu, sejarah musik tubidy ideal saya hanya akan menangani dua puluh empat komposer, kira-kira empat untuk setiap periode sejarah - Abad Pertengahan, Renaisans, Barok, Klasik, Romantis, Modern. Yang pasti, periodisasi semacam itu telah jatuh ke dalam keburukan di antara sejarawan profesional, tetapi tetap berguna sebagai cara untuk mengatur perspektif yang lebih besar. Anda mungkin akrab dengan setidaknya setengah dari komposer ini: Purcell, Vivaldi, Bach, Haydn, Mozart, Beethoven, Schubert, Berlioz, Wagner, Verdi, Debussy, Stravinsky.
Selain itu, sejarah musik ideal saya akan bersikeras memberikan ilustrasi untuk setiap pernyataan--tidak ada generalisasi kosong, silakan--dan akan menarik semua contoh musik untuk setiap komposer dari satu karya, sehingga repertoar sejarah akan terbatas pada dua puluh empat karya, lebih disukai musik yang tersedia dengan mudah di iTunes atau YouTube. Dan untuk musik abad pertengahan, umumnya berdasarkan lagu biasa, biarkan pilihan, sejauh mungkin, didasarkan pada bagian lagu biasa yang sama.
Pertengahan
- Plainsong, Kyrie Cunctipotens
- Tuotilo dari St. Gall, kiasan Kyrie Cunctipotens (ca. 900)
- Genitor Cunctipotens (Sekolah Bela Diri St., kira-kira 1125)
- Anonim, En non Diu-Quant voi-Eius di Oriente ( abad ke- 13 )
- Machaut, Missa Nostre Dame (Kyrie, ca.1364)
Renaisans
- Dufay, Ave regina coelorum (ca. 1464)
- Josquin des Pres, Missa Pange Lingua (Agnus Dei; ca.1515)
- Victoria, Missa O Magnum Mysterium (motet; Kyrie; paruh kedua, abad ke-16)
- Weelkes, Seperti Vesta Dari Latmos Hill Descending (1601)
Barok
- Purcell, Dido dan Aeneas (1689), "Ratapan Dido"
- Buxtehude, Ein feste Burg (paruh ke-2, abad ke-17)
- Vivaldi, Concerto Grosso in A Minor, Op.3, No. 8 (Gerakan pertama, 1712)
- Bach, Cantata 140, Wachet auf ruft uns die Stimme (1731) ( gerakan pertama)
Klasik [46:00]
- Haydn, String Quartet di C Major, Op. 73, No. 3 (1797) ( gerakan pertama)
- Mozart, Pernikahan Figaro (1786) (Akta II Final)
- Beethoven, Symphony No. 3 (Gerakan pertama, 1803)
Komentar
Posting Komentar